Home

Perkembangan Facebook dari Tahun ke Tahun [Gambar Interaktif]

Oleh mirza3m | 03 Feb 2012 | Comments (1)

Gambar: http://zenportfolios.com

Hari gini gak tau facebook?” Situs jejaring sosial ini sedang digandrungi banyak orang, terutama ABG. (Anak Baru Gede) Simak kisah facebook dalam bentuk gambar interaktif berikut.

Chief Investment Strategist Wall Street Daily’s, Louis Basenese, mewanti-wanti investor untuk matang berhitung sebelum membelinya. Diberitakan Wall Street Daily, di awal pekan ini perusahaan jejaring sosial cenderung loyo di bursa. Sebelum repot-repot membedah fundamental Facebook, Basenese merekomendasikan investor agar mencermati dulu kiprah 19 perusahaan dot.com yang “melantai” tahun lalu.

Dan Basenese hanya berkomentar dengan dua kata: “Tidak bagus.”

Memang, data yang dibeberkan Kevin Pleines dari Birinyi Associates menyebutkan 82,4 persen saham jejaring sosial yang IPO tahun lalu, saat ini ditransaksikan di bawah harga penutupan hari pertama. Bahkan, saham 11 dari 19 perusahaan itu diperdagangkan di bawah harga penawaran perdana.

Ada dua yang paling terpuruk: Zynga dan Groupon yang di bursa Nasdaq masing-masing berkode ZNGA dan GRPN. Saham Zynga diperdagangkan di bawah harga IPO pada perdagangan perdananya. Groupon sempat melonjak 55,7 persen. Namun, hanya sepekan kemudian, sahamnya terperosok jauh di bawah harga IPO, di level US$20.

Basenese pesimistis karena menurut dia investor akan selalu haus melihat pertumbuhan perusahaan. Ketika memutuskan untuk berinvestasi, orientasi investor adalah berinvestasi pada masa depan perusahaan.

“Jika perusahaan tidak dapat terus tumbuh, maka selamat tinggal investasi,” katanya. “Saya jamin Facebook tidak bisa menghasilkan garis pertumbuhan yang begitu cepat.”

Basenese mengilustrasikan pertumbuhan basis pengguna Facebook selama empat tahun terakhir. Selama periode itu, pengguna memang melonjak dari 66 juta menjadi 800 juta. Jika asumsi laju pertumbuhan sama, maka selama empat tahun ke depan, basis pengguna Facebook semestinya akan mencapai 9,7 miliar.

“Secara harfiah, jumlah pelanggan tidak akan mencapai angka itu. Karena, Oktober tahun lalu baru lahir bayi yang ke-7 miliar,” ujarnya.

Yang realistis, Facebook akan mencapai angka satu miliar pengguna di tahun ini. Itu artinya, “hanya” bertumbuh sekitar 25 persen dari tahun sebelumnya. Dengan kata lain, pertumbuhan mulai menyusut dan tak akan mendongkrak nilai saham jadi sedemikian tinggi. Apalagi, dia menambahkan, “Valuasi Facebook sudah terlalu mahal.”
[swfobj src=”http://mirza3m.com/wp-content/uploads/2012/02/480_infografik–173.swf” width=”600″ height=”1414″ align=”center”]
Sumber: vivanews

1 Comment

  1. iwan says:

    tolong dong upload gmana cara buat sistim informasi sekolah

    sekaligus penjelasannya

    trim’s

Leave a comment