Bagiku, Sukses Adalah …

Setiap orang mengidam-idamkan kata “sukses” meskipun penafsiran kata tersebut sangatlah beragam. Aku merupakan salah satu diantaranya. Menurut kebanyakan orang, sukses adalah sebuah capaian seseorang yang sesuai atau bahkan melebihi target yang telah direncanakannya.

Aku setuju dengan itu. Namun, jika boleh menambahkan, sukses bagiku adalah selain mencapai “mimpi”, sukses juga diimbangi dengan kemanfaatan sukses kita kepada orang lain. Sebab, kesuksesanku tidak hanya lahir dari tindakanku semata. Pasti ada faktor luar yang mendukungnya, termasuk alam semesta,

Dalam menggapai semua mimpiku, aku melakukan apa saja yang mendukungku ke jalur sukses tersebut. Aku kuliah sambil berjualan. Mulai dari sepatu, jaket, alat-alat listrik sampai bawang merah.

Beberapa rekan mahasiswa ada yang mencibir dan menyarankanku untuk tidak usah bermimpi terlalu tinggi. “Fokus kuliah saja, lalu kerja,” begitu kata mereka. Itu karena mereka melihatku sebagai seorang programmer, bukan pebisnis. Bagiku, saran yang menurutku kurang membangun itu, justru melecut semangatku untuk membuktikan bahwa apa yang sedang kutanam saat ini, pasti akan kupanen nantinya.

Setelah lulus, sembari mencari pekerjaan, aku juga tetap berjualan. Dengan mendapatkan informasi dari internet, saya akhirnya memutuskan untuk membeli sebuah waralaba makanan ringan. Alhamdulillah, dalam waktu tiga bulan aku sudah bisa mengembalikan pinjaman modal untuk membeli produk tersebut. Aku bisa menyewa ruko dan mengembangkan bisnis bubur ayam setelah itu. Aku juga menjual susu sapi murni dan sepatu via online. Pekerjaanku sebagai web application programmer juga sangatlah mendukung bisnisku.

Seperti definisiku diatas, manfaat ke orang lain juga merupakan pelengkap sukses bagiku. Alhamdulillah, aku bisa berbagi kepada mereka yang tidak mempunyai orang tua untuk tetap bersemangat sekolah. Ya, sementara aku fokus membantu untuk pendidikan.

Aku mau berbagi itu merupakan resep dari orang tuaku. Mereka bilang, jika usahamu ingin lebih berhasil, tolonglah orang lain, terutama yang sedang kesusahan. Niscaya kamu akan ditolong oleh-Nya. Ya, merekalah inspirasi serta semangatku untuk menghadapi dunia persaingan yang begitu ketat.

Terakhir, saya ingin membagikan beberapa kunci untuk bisa sukses. Pertama adalah “Temen” (bahasa Jawa yang artinya bersungguh-sungguh dengan hal yang kita kerjakan), Jujur, dan Doakan Orangtuamu.

Itu adalah sukses menurutku. Bagaimana menurutmu?

Tagged with: