Yuk, Investasi di Reksa Dana! (1)

Apa yang kamu pikirkan ketika mendengar kata investasi? Mungkin beberapa daftar di bawah ini ada yang masuk di pikiran kamu:

  • menguntungkan
  • berisiko rugi
  • untuk masa depan (jangka panjang)
  • butuh modal besar
  • pendaftaran susah
  • pencairan uang susah
  • MLM atau bukan

Saya kasih info nih, ada instrumen investasi yang bisa kita manfaatkan untuk pengganti tabungan di bank. Namanya adalah Reksa¬†Dana. Nantinya, ada beberapa poin di atas yang “benar” dan “tidak benar” jika kita berinvestasi di reksa dana.

Reksa dana adalah wadah yang dipergunakan untuk menghimpun dana dari masyarakat pemodal dan untuk selanjutnya diinvestasikan dalam Portofolio Efek oleh Manajer Investasi.

UU Pasar Modal No. 8 Tahun 1995 Pasal 1 ayat 27

Nah, di reksa dana ada beberapa istilah yang harus kita ketahui. Saya pilih-pilih saja beberapa istilah yang akan sering dipakai ketika kita berinvestasi di reksa dana.

Bank Kustodian merupakan lembaga keuangan yang telah mendapat persetujuan dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) untuk melakukan tugas sebagai administrator, pengawas, dan menjaga aset reksadana.

Manajer Investasi adalah manajemen profesional yang bertugas dan berhak atas kelola beragam sekuritas atau surat berharga untuk mencapai target investasi yang memberikan keuntungan bagi investor.

Kontrak Investasi Kolektif (KIK) wajib ditetapkan hak dan tanggung jawab dari pihak-pihak yang ada dalam kontrak bersangkutan.

Nilai Aktiva Bersih (NAB), sering disebut juga dengan Jumlah Dana Kelolaan atau Asset Under Management (AUM) menunjukkan berupa jumlah dana yang dikelola oleh suatu reksadana.

Nilai Aktiva Bersih per Unit Penyertaan (NAB/UP) disebut juga sebagai harga suatu reksadana dan transaksi dilakukan berdasarkan nilai tersebut.

Prospektus adalah gabungan antara profil perusahaan dan laporan tahunan yang menjadikannya dokumen penting bagi perusahaan atau lembaga untuk memberi informasi tertulis yang berkaitan dengan IPO.

Penjelasan selanjutnya akan saya tuliskan pada artikel Yuk, Investasi di Reksa Dana! (2). Ditunggu ya.

Tagged with: , ,